Jumat, 24 Mei 2013

Harapan Dari Kemandirian

Ehm, kali ini gue merasa jadi orang berbahagia. Bayangkan aja dari mulai gue lahir dan sampai besar gini gue masih berada di kota yang sama huhu. Emang nasib atau takdir? *loh* sama aja itu si.
Gue gak tau ya kenapa gue gak bisa merasakan merantau ke luar kota seperti halnya teman dan sahabat gue yang sudah mendahulukan gue pergi merantau alias menimba ilmu di kota orang. Ini mungkin karena gue anak tunggal -__-" , beda loh bukan anak manja. Buktinya tidur sendiri, makan sendiri dan mandi pun juga sendiri ( ya ialah masa mau di mandiin ) hahaha. Nyokap pernah bilang ke gue " Res kamu tuh lebih baik kuliah di sini, kan lumayan gak jauh dari ortu dan bisa hemat biaya gak perlu ngekos". Jawab gue " Ya gak mau mah bosen di sini terus tuh, mau mandiri jauh dari orang tua". 
Nyokap gue bilang lagi " Lah jauh-jauh dari orang tua kan kamu pernah, tuh si dulu kan kamu pernah kemping. Itu kan jauh dari ortu dan mandiri lagi " 
Hening....
Mungkin nyokap gue mikir, kalo kemping itu seperti orang ngekos -__-*
Kalo gitu, nanti gue bilang aja mau kemping di bandung sekalian kuliah di sana sampai 4 tahun.
Menerut gue ortu memang berhak untuk memberikan izin atau tidak kepada anakanya. Tapi mestinya ortu itu harus memikirkan perasaan anak juga, bagaimana kalo anak itu gak ikhlas dengan keputusan ortu. Bisa jadi kuliahnya jadi gak bener, bolos terus, dan belajarnya asal-asalan. Gimana kalo lebih parah, bunuh diri. Seperti minum air susu sama auatan, ngemil beling dan terakhir makan sendal di depan mesjid. Gue punya pengalaman temen gue yg ngekos di luar kota, kasian banget tempatnya itu ya ampun parah banget, ya di bilang kumuh juga gak enak dan bilang kecil juga ia haha. Emang susah nyari kos tuh, gue pernah nanya " Bro di sini enak gak ngekosnya?
Jawab dia " Aduh nu di sini parah banget, setiap malem berisik dan suka nyalain musik dangdut koplo gak karuan".
Sahut gue " Ya ampun parah banget, kaya orang kawinan aja, begadang di temenin musik dangdut".
" terus-terus, kamu disini banyak temenya gak?"
Jawab dia lagi " Banyak nu , ada dari luar jawa dan dari dunia lain pun ada ".
*shock* nih anak gila juga ya setan di anggap temen ( dalam hati gue ).
Ngeliat pengalaman temen gue apa lagi denger ada makhluk aspal eh astral maksudnya haha.
Gue jadi parno dan pasti takut lah, bayangin aja sok kalian meskipun hafal ayat kursi tapi kalo udah ketemu setan. Di jamin elo bakal jadi aziz gagap !
Gagap berdoa gak karuan, malah ada saran dari temen gue yang tingkat kecerdasaannya melebihi SLB, dia bilang " Nu kalo elo udah baca ayat kursi tapi tetep aja gak mempan, lempar aja kursi biar ampuh" 
Gila nih anak bego super duper banget, pikiri dia ayat kursi tuh, baca ayatnya harus sambil duduk pake kursi, yang ada elo yang di makan setan!.
Emang sih menurut gue kemandirian itu bukan di nilai sebagaimana kita jauh dari ortu atau tidak sama sekali meminta bantuan mereka. Tapi buat gue kemandirian itu muncul dari kesadaran diri kita sendiri, mencoba melakukan hal-hal yang kita anggap perlu kita kerjakan dari yang gak bisa sama sekali sampai kita bisa melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar