Minggu, 29 September 2013

Pendewasaan

Arti pendewasaan itu luas dan banyak banget. Fase-fase di mana semua orang menemukan perubahan pola pikir mereka . Pendewasaan ini bisa terjadi dalam situasi apapun. Di saat kita udah menginjak umur di atas 17 tahun, di saat kiat berorganisasi, di tempat kerja dan di dalam sebuah keluarga. Orang yang paling tau kapan kita dewasa adalah orang tua kita sendiri. Selanjutnya baru dari orang-orang yang mendidik kita di jenjang pendidikan dan yang terakhir pasangan kita sendiri. Pendewasaan bukan hanya di miliki orang yang di atas 17 tahun. Umur di bawahnya pun bisa, tapi belum sempurna sepenuhnya.
Contoh gampang deh gue ambil dari hubungan orang pacaran.
Pasti kalo di antara mereka lagi marahan bawa-bawa kata " kamu tuh gak pernah ya bisa jadi dewasa! ". Konteksnya kedewasaan itu di ukur dari cara berpikir saja, padahal berpikir aja tidak cukup.
Yang di butuhkan pasangan kita adalah kenyamanan dan perhatian. Kita harus menyikapi pasangan kita dengan dewasa . Bertindak cepat saat dia membutuhkan kita dan yang terpenting hilangkan ego kita  masing-masing.
 Suasana di tempat kantor juga mempengaruhi kita, khususnya dalam berpenampilan . Kita harus berpakaian elegan dan rapih ( khusus kantoran ). Intinya harus sopan. Sedangkan dalam berorganisasi, ada banyak kepala buat bertukar pikiran dengan temen-temen. Bagaimana cara kita mengambil keputusan dan bekerja sama membangun team yang solid. 
Menurut gue penedewasaan itu adalah perubahan pola pikir, tingkah laku dan tata bahasa yang kita sampaikan. Sebisa mungkin kita berubah atas dasar diri sendiri. Bukan karena pengaruh orang lain.
Kuncinya adalah kesabaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar